TAMBANG TODAY

TAMBANG, 05 Mar 2013 | 13.18

Medco Power Suplai 70 MW Listrik Di Batam

Alamsyah Pua Saba
alam@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG- PT Medco Power Indonesia (Medco Power) siap menyuplai listrik sebesar 70 MW di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) ini rencananya mulai beroperasi pada 2014 mendatang. Kerjasama jual beli listrik antara Medco dan PLN sudah diteken pada Oktober 2012 lalu.

Fazil Alfitri Direktur Utama PT Medco Power Indonesia (Medco Power), dalam keterangan tertulisnya kepada media (Selasa,05/02) mengtakan, mesin PLTG jenis Heavy Duty Frame 6B buatan General Electric (GE) Prancis, sudah tiba di Batam sejak akhir pekan lalu.

Lebih lanjut Fazil menyampaikan, dalam perjanjian jual beli listrik antara PT PLN dan anak usaha Medco Power, PT Energi Listrik Batam, pada 15 Oktober 2012 lalu, menyebutkan bahwa PLTG ini mulai beroperasi pada 2014 untuk jangka waktu 20 tahun. Pasokan gas untuk PLTG Batam ini, akan disuplai dari Blok A Natuna Kepulauan Riau yang dioperasikan oleh Premier Oil Natuna Sea BV yang akan suplai 20 BBTUD sebagai bagian dari domestic market obligation atau DMO.

Meski direncanakan pada 2014 mendatang, namun jadwal operasi PLTG ini akan sangat bergantung pada jadwal ketersediaan gas dimana saat ini masih dibicarakan dengan Pemerintah melalui Kementrian ESDM, SKK MIGAS, Penjual Gas Blok A Natuna, PT PLN Batam dan Medco Power.

Untuk menyalurkan gas ke PLTG ini, Konsorsium PT PLN Batam dan Medco Power melalui anak usahanya PT Universal Batam Energy sedang melakukan pengadaan pipa gas sepanjang 14 km yang akan segera dilanjutkan dengan konstruksi pada pertengahan tahun 2013. Pipa gas ini akan mempunyai nilai strategis karena akan membuka jalur penyaluran gas dari Kepulauan Natuna ke Batam.

Fazil Alfitri sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah dan stakeholders lainnya yang terkait agar penyaluran gas ke PLTG dapat dilakukan segera, sehingga Batam mempunyai ketahanan energi listrik dengan memanfaatkan alokasi gas DMO dari Kepulauan Natuna.
Selain mengembangkan PLTG di Batam ini, Medco Power Group juga sedang giat mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH) sebesar 105 MW yang tersebar di daerah Sukabumi, Cianjur dan Sulawesi. Untuk proyek geothermal, Medco Power Group sedang mengembangkan proyek Panas Bumi Sarula 110 MW di Sumatera Utara dan juga di Ijen Jawa Timur dengan potensi sebesar 110 MW.

Medco Power Group saat ini dimiliki 51% oleh PT Saratoga Power dan 49% oleh PT Medco Energi Internasional Tbk Medco Power group saat ini telah memiliki pembangkit total lebih dari 380 MW yang beroperasi di Batam dan Palembang Sumatera Selatan, selain itu Medco Power Group juga mengoperasikan PLTU Tanjung Jati B 1320 MW di Jepara Jawa Tengah.


Berita Lain